Penerjemah

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Rabu, 06 November 2019

Pendidikan Pemustaka (User Education)

Perpustakaan Sekolah merupakan sumber informasi. Oleh karenanya perpustakaan merupakan jembatan bagi terjadinya proses belajar, transfer informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memungkinkan apa yang dimiliki perpustakaan dapat dimanfaatkan oleh pemustakanya. Namun kenyataan yang kita lihat sekarang ini, masih banyak pemustaka yang bingung dalam memanfaatkan perpustakaan. Hal tersebut terutama terjadi pada siswa baru. Mereka rata-rata belum memiliki pengetahuan dasar bagaimana menggunakan perpustakaan dan bagaimana menggali informasi yang ada di perpustakaan

Pendidikan Pemustaka (User Education merupakan salah satu komponen literasi informasi di perpustakaan. kegiatan ini dianggap perlu agar siswa dapat menempatkan diri apa dan bagaimana seharusnya berada di perpustakaan.

Literasi informasi merupakan salah satu program pendidikan pemakai perpustakaan (user education programme), program ini harus bekerjasama dengan Para Wali Kelas dalam rangkaian masa orientasi sekolah saat kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dan salah satunya adalah perpustakaan.

Program pendidikan pemustaka tersebut harus dilaksanakan oleh Perpustakaan Sekolah bertujuan :
1. Siswa mampu memanfaatkan perpustakaan secara maksimal
2. Siswa menjadi pemustaka yang tertib dan bertanggung jawab

Adapun materi yang disuguhkan pada Pendidikan Pemustaka diantaranya
  1. Edukasi sikap yang salah dan benar selama di ruang perpustakaan, penjelasan perihal tata tertib selama berada diruang perpustakaan.
  2. Observasi langsung ke ruang koleksi, ruang baca dan ruang audio visual yang berada di ruang perpustakaan.
  3. Tanya Jawab

Selama kegiatan berlangsung siswa(i) didampingi oleh wali kelas dan guru mitra kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar