Penerjemah

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Selasa, 17 November 2020

Sosialisasi Kelas Literasi dan Aplikasi iKaltim Bersama DPDKD Provinsi Kalimantan Timur


Rabu, 18 November 2020, SMP Fastabiqul Khairat mengadakan kegiatan Sosialisai Kelas Literasi dan Perpustakaan digital iKaltim, yang diselenggarakan secara Virtual. 

Kegiatan ini dihadiri oleh 272 Siswa(i) SM Fastbaiqul Khairat Samarinda, dari 280 siswa. Siswa yang tidak hadir sebanyak 8 orang diantaranya :

1. M. Raditya Shah Rajasa (7 Khawarizmi)
2. Syabila (7 Khawarizmi)
3. M. Alexander (7 Kindi)
4. Rafay (7 Jazari)
5. Clara (8 Thufail)
6. M. Zaky Al Banjari (8 Haitsam)
7. Faradiba (8 Haitsam)
8. Rasya Putra (8 Haitsam)
Narasumber kegiatan ada dua yakni Bapak.Taufik, S.Sos, M.Si beliau adalah Kabid. Otomasi dan Layaan Kerjasama DPDK Provinsi Kalimantan Timur Beliau membawakan materi Layanan Aplikasi iKaltim yaitu sebuah aplikasi perpustakaan digital persembahan Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur. iKaltim merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook. Melalui iKaltim masyarakat tanpa batasan ruang dan waktu dapat mengakses ribuan judul buku secara gratis melalui komputer, laptop dan smartphone sehingga aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu media pendidikan literasi bagi masyarakat. Dalam iKaltim ini juga dijelaskan bahwa SMP Fastabiqul Khairat telah berkontribusi dalam ePustaka iKaltim dengan nama Sekolah dan sudah memiliki beberapa koleksi karya siswa(i) SMP Fastabiqul Khairat. Kedepan jika buku yang diterbitkan pada iKaltim ini best seller dan banyak dibaca, tidak menutup kemungkinan jika siswa yang tulisannya bagus akan dilirik oleh penerbit besar Indonesia untuk diterbitkan. iKaltim juga menyediakan layanan pesan antar buku dimana kita tinggal memilih dan memesan buku yang ingin dibaca, maka buku akan diantar kealamat rumah yang iberi. Layanan ini masih terbatas di wilayah Samarinda saja. 

Materi kedua dibawakan oleh ibu Rachmawati, yang menjelaskan jenis dan program kelas literasi yang dijalankan oleh SMP Fastabiqul Khairat yang bertujuan merupakan sebuah gerakan yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Ada 6 ragam literasi diantaranya : Edukasi Pemustaka, Jadwal Membaca, Pojok Baca, Pohon Literasi dan Penerbitan Buku. Harapan kedepan dari generasi pembaca hari ini, kelak mereka akan menjadi seorang pemimpin “To Day A Reader, Tomorrow A Leader”. Semoga ilmu yang kalian peroleh hari ini membawa kesuksesan dimasa yang akan datang. 

Link FastFest #3 "Sosialisasi Perpustakaan Digital dan Kelas Literasi SMP Fastabiqul Khairat" dapat disaksikan pada Chanel Youtube Official SMP Fastabiqul Khairat pada link : https://youtu.be/D7NgC1rzyjA. Selamat menyaksikan.

Terima kasih dukungan manajemen yayasan, manajemen sekolah, kepala Sekolah dan rekan2 guru dan karyawan SMP Fastabiqul Khairat, sehingga acara ini berjalan sukses, dan lancar hingga akhir. 

Terima kasih kepada bapak Taufik, M.Msi atas kesediaannya menjadi narasumber pada hari ini untuk membuka wawasan anak didik kami. 

Salam Literasi, Salam Harmoni

Pandemi bukan penghalang untuk maju.


Link berita : Cerdas Bersama iKaltim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar