Penerjemah

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Jumat, 06 Maret 2020

Program Penerbitan Buku Yayasan Fastabiqul Khairat

 

Program Penerbitan Buku oleh perpustakaan Fastabiqul Khairat bertujuan untuk menfasilitasi seluruh civitas sekolah yang hoby menulis dan mau menulis. Juga untuk  menfasilitasi kegiatan kelas literasi serta ekskul jurnalistik pada SMP Fastabiqul Khairat, agar memiliki output dari kegiatan itu sendiri dalam bentuk Buletin ataupun buku tercetak.

Alhamdulillah dari program Kelas literasi ini sendiri yang sudah mulai berjalan sejak awal Januari 2020, siswa sudah menelurkan karya tulis dalam bentuk novel dan otobiografi yang mereka tuliskan sendiri. demikian halnya dengan guru dan karyawan. sehingga pada bulan Februari ini ada 5 buku yang sudah siap cetak dan tiga diantaranya sudah memiliki ISBN yang diterbitkan oleh Peprustakaan Nasional (PERPUSNAS) dan 2 karya lainnya sedang dalam proses pengajuan ISBN sambil menunggu 2 karya lainnya dari siswa yang akan disetor ke meja redaksi.

Satu karya bersama siswa(i) kelas sembilan yang akan terbit berjudul Ruang Imajinasi, Jejak Pena Fastabiqul Khairat merupakan  “Proyek bersama”, menjadi istilah kami untuk bersama menyusun dan mengumpulkan berbagai tulisan kedalam bentuk buku. Adapun pengerjaan Sampul buku tersebut merupakan desain siswa kelas 9 atas nama Muhammad Rafi.  Meski tak semua anak pada angkatan pertama ini mau menulis.

Memotifasi dan mengajak orang lain berkecimpung dalam dunia literasi bukanlah hal yang mudah. Pantang menyerahlah yang akan membuahkan hasil. Dibantu dukungan Luar biasa Kepala sekolah SMP Fastabiqul Khairat Bapak Sujono, M.Ed dan Waka Kesiswaan Bapak Mukhlis Habari. M.pd. Bak gayung bersambut menjadi penyemangat penyusun untuk mewujudkan buku ini hadir dihadapan pembacanya. 
Perlahan tapi pasti penyusun berharap semua anak yang akan lulus nantinya memiliki kreatifitas menulis yang tinggi. Karena bukan tak mungkin jika kelak salah satu di antara mereka nantinya jadi penulis ternama di tanah air bahkan ke mancanegara. “Semua pasti Bisa, karena dimana ada kemauan disitu ada jalan.

Sebuah program sebagus apapun itu jika tanpa dukungan dari seluruh civitas sekolah, tak akan berjalan seperti yang di harapkan. Alhamdulillah Seluruhn Civitas sekolah Yayasan Fastabiqul Khairat memberi dukungan penuh. sehingga buku-buku ini dapat hadir dihadapan pembacanya.

Berikut beberapa cuplikan Sambutan dari Ketua Umum yayasan Fastabiqul Khairat dan para manajer Yayasan Fastabiqul Khairat beserta kepala sekolah SMP Fastabiqul Khoirat, pada buku karya bersama angkatan pertama SMP Fastabiqul Khairat, yang semoga dapat memotivasi yang lainnya dalam menghasilkan tulisan atau sebuah karya.

Suryo Soetomo
Ketua Umum Yayasan Fastabiqul Khairat

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunianya, sehingga buku ini hadir kehadapan para pembacanya. Buku ini merupakan salah satu bentuk inovasi pembelajaran untuk memahami secara mendalam tentang arti penting “Literasi”.

LITERASI adalah satu kata yang saat ini sedang familiar di telinga kita. Meski terkadang orang masih tak paham dengan konsep utuh literasi. Literasi diartikan sebagai kemampuan membaca, menulis, serta menangkap ide-ide dan gagasan-gagasan secara visual. Untuk itu, budaya literasi harus terus digemakan dan dibumikan di negeri tercinta Indonesia.

Inovasi pembelajaran yang tertuang pada terbitnya buku ini, didasari pada fenomena sekitar kita, salah satunya untuk meningkatkan budaya menulis dan baca masyarakat Indonesia melalui Kelas Literasi. Tanpa literasi masyarakat kita akan terus tertinggal dari negara-negara maju lainnya di dunia. Hanya dengan budaya literasi, Indonesia kelak sanggup mengepakkan sayap menjadi bangsa yang cerdas dan disegani oleh dunia.

Semoga buku ini dapat menjadi langkah awal bagi anak-anak menjadi generasi cerdas dan literat kelak dikemudian hari. Salam harmoni.


Dr. Abdul Rohman, M.Pd
Manajer Pendidikan

Kelas Literasi pada SMP Fastabiqul Khairat mampu menjawab tantangan jaman melalui literasi agar anak-anak tak hanya bisa membaca tersurat dan tersirat, siswa juga mempu menuliskan apa yang tersirat agar dapat memotivasi pembacanya melalui tulisan mereka. Kami pihak manajeman berharap inovasi pembelajaran ini tetap berjalan agar siswa(i) dapat menebar kebaikan dan berlomba-lomba dalam kebaikan melalui tulisan yang dihasilkan.


Drs. Joko Wahyono, M.Pd
Manajer pengembangan

Saya menyambut baik diterbitkannya buku antologi cerpen, dan puisi, karya siswa-siswi angkatan pertama SMP Fastabiqul Khairat ini, sebagai sarana menuangkan kreativitas dalam mengisahkan dunianya saat ini dalam rangkaian kata yang mengalir sesuai imajinasi masing-masing anak.

Buku ini merupakan hasil akhir dari kelas literasi yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca di kalangan Siswa SMP, dengan harapan buku ini dapat menjadi salah satu media implementasi program Literasi guna meningkatkan kesadaran berliterasi, menuju masyarakat literat kelak di kemudian hari. 

“Tuliskan apa yang kamu kerjakan, Kerjakan apa yang kamu tuliskan”, Semoga program ini menjadi program berkelanjutan sehingga anak-anak tetap bersemangat menghasilkan sebuah karya di masa-masa yang akan datang. Salam Literasi


Suparjono, M.Ed
Kepala Sekolah SMP Fastabiqul Khairat

Hadirnya buku karya siswa ini sebagai bukti bahwa mereka kini telah menjadi pribadi yang baru. Yang telah menemukan makna dari menulis itu sendiri. Menuangkan imajinasi dalam bentuk tulisan meski diawal tak mudah untuk dilakukan. Hal utama yang harus dilakukan adalah kemauan. Karena di mana ada kemauan di situ ada jalan. Dan mereka telah membuktikan itu.

Alhamdulillah, SMP Fastabiqul Khairat telah menerbitkan buku “Ruang Imajinasi, Jejak Pena Fastabiqul Khairat” yang berisi kumpulan cerita pendek, puisi, dan pantun, karya anak-anak Kelas 9 Angkatan pertama. Ini adalah salah satu bentuk hasil akhir dari Gerakan Literasi Sekolah pada kelas Literasi, yang mengajarkan siswa untuk membiasakan mereka menulis dan menghasilkan karya melalui tulisan. Semoga hal ini membuat anak-anak lebih termotivasi untuk menulis lebih bagus lagi, dimasa-masa yang akan datang. Tetap semangat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar