Penerjemah

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Minggu, 28 April 2024

TOT Pelatih Ahli Pustakawan Penggerak Berbasis Blended Learning. Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Hari Pertama


 

Pusat Pendidikan dan Pelatihan melaksanakan pembukaan Pelatihan Training of Trainers (ToT). Pustakawan Penggerak Berbasis Blended Learning pada tangga 28 April 2024 di Yellow Hotel Harmoni Jakarta Pusat. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bapak Drs. Nurcahyono, S.S., M.Si.

Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 28 April sampai dengan 1 Mei 2024 dengan jam pelatihan 55 JP. Tujuan dari pelatihan ini adalah menciptakan calon pelatih untuk memfasilitasi bimbingan teknis pustakawan penggerak perpustakaan desa/kelurahan/ taman bacaan masyarakat dan meningkatkan kompetensi Pelatih Ahli Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Pelatihan ini dihadiri oleh Tim Penyelenggara Pelatihan, Tim Evaluasi, Tim Penjamin Mutu dan Widyaiswara Pusat Pendidikan dan Pelatihan dengan peserta dari berbagai wilayah. Peserta terdiri dari 99 orang calon Pelatih Ahli yang berasal dari perpustakaan baik tingkat provinsi, kabupaten atau desa dan pegiat literasi serta 90 orang calon Pelatih Ahli yang berasal dari Pelatih Ahli Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Bapak Nurcahyono memaparkan bahwa mengacu pada Indeks Desa Membangun (IDM) sebanyak 33.929 desa di Indonesia sudah mempunyai perpustakaan desa atau TBM. Perpustakaan desa yang sudah terakreditasi baru 531 perpustakaan. Oleh karena itu, dibutuhkannya pelatih ahli untuk program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dimana program ini dapat mendukung merdeka belajar dan kampus merdeka yang dilakukan dengan peningkatan layanan perpustakaan untuk menghasilkan capaian peningkatan literasi masyarakat yang berkelanjutan dan memberi dampak ke masyarakat. (Sumber : Pusdiklat Perpusnas)

Materi hari pertama :

  1. Materi Pengelolaan Kelas
  2. Panduan Pengelolaan Kelas
  3. Sesi 1 Pembukaan dan Penjelasan Tujuan
  4. Sesi 2 Penguatan Literasi Masyarakat Melalui TPBIS Untuk Mendukung Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka
  5. Sesi 3 Peningkatan Layanan Informasi
  6. Sesi 4 Pelibatan Masyarakat

seluruh materi dapat didownload pada link   :  https://elis.perpusnas.go.id/







































Tidak ada komentar:

Posting Komentar