Penerjemah

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Rabu, 30 Desember 2020

Alat Musik Pianika/Melodika

Sumber :  Bobo Grid.id


Pianika salah satu alat musik unik yang mudah kita temui bentuknya mirip piano atau keyboard tetapi cara membunyikannya harus ditiup.

Sejak tahun 1950 keberadaan pianika baru diakui, walaupun perkembangan sebenarnya sudah dimulai sebelumnya alat musik ini diciptakan pertama kali oleh opener selanjutnya pianika digunakan oleh seorang komposer musik bernama Steven untuk pertunjukan Musiknya yang berjudul "Melodica" hingga pada akhirnya pianika pun dikenal dengan nama melodika. 

Pianika berkembang dengan pesat hingga masuk ke berbagai konser musik bahkan saat ini pianika pun dipelajari di sekolah-sekolah dalam kelas kesenian musik.

Terjadi perbedaan pendapat mengenai asal daerah Pianika, pendapat pertama menyatakan Pianika berasal dari negara spanyol dan pendapat kedua menyebutkan Pianika berasal dari bahasa Italia.
Memainkan Pianika

Jika diperhatikan, ada dua jenis tuts pada pianika, yaitu yang berwarna putih dan hitam. Tuts putih berfungsi untuk memainkan nada pokok atau asli, sedangkan tuts hitam berfungsi untuk memainkan nada kromatis. Pianika dimainkan dengan meniup sekaligus menekan tuts, maka dari itu disebut sebagai perpaduan seruling dan keyboard. Tangan kiri memegang pianika, tangan kanan menekan tuts, dan mulut meniupnya. Kalau sudah rajin berlatih, kita bisa menggunakan kelima jari untuk memainkan tuts.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar