Penerjemah

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Kamis, 17 Januari 2019

Program Pohon Literasi Generasi 4.0 SMP Fastabiqul Khairat Di Masa Pandemi

Salah satu program kerja kelas literasi Perpustakaan SMP Fastabiqul Khairat adalah Pojok Baca Kelas. pada pojok baca kelas ini, siswa diajarkan untuk rajin membawa buku koleksi yang ada dirumah yang telah dibaca dan di letakkan pada pojok baca dikelas masing-masing. buku ini nantinya akan dibawa pulang kembali dan diganti dengan buku yang lainnya. Buku yang berada di pojok literasi kelas tidak boleh dipinjamkan pada siwa kelas lainnya.  Pohon literasi mengajarkan siswa untuk memanfaatkan pojok baca kelas sebagai sumber informasi dan sumber bahan bacaan dikelas dan Android sebagai media pelaporan dari buku yang dijadikan koleksi pojok literasi kelas. Nantinya Pohon Literasi ini diserahkan kepada petugas perpustakaan sebagai bahan laporan berjalannya kegiatan literasi dikelas. Semakin banyak pohon literasi yang diserahkan kepada petugas perpustakaan, semakin rajin siswa membaca buku. Pohon2 ini nantinya akan ditempel pada Mading report Kelas Literasi. Dan Kelas yang paling banyak pohon literasinya akan mendapat piala bergilir dari Sekolah.

Penanggungjawab dari pojok literasi kelas ini adalah seluruh siswa yang berada dikelas tersebut. untuk pelaporan pohon literasi dilakukan oleh petugas literasi kelas yang telah dipilih dan ditunjuk oleh siswa dikelas berdasarkan musyawarah pada saat pemilihan ketua kelas dan wakil ketua kelas.
Panduan pengisian pohon Literasi sebagai berikut :
  1. Pertama-tama siswa/petugas literasi mendownload aplikasi pada play store "Photo Collage Maker"  
  2. Setelah didownload Buka aplikasi tersebut, kemudian klik start lalu pilih pohon bentuk literasi yang anda inginkan pada contoh ini kita pilih bentuk pohon  nomor 3 dari bawah.
  3. Setelah dipilih masukkan foto buku yang telah anda baca dan telah anda dokumentasi sebelumnya 
  4. Demikian seterusnya sampai pohon literasi penuh. 
  5. Setelah pohon literasi penuh klik teks dan masukan nama kelas pada contoh kita akan menuliskan nama kelas Al Jazari.
  6. Setelah nama kelas kita ketik pilih tombol centang kemudian letakkan nama kelas tersebut pada tempat yang anda inginkan 
  7. Perbesar tulisan yang ada agar mudah terbaca 
  8. Setelah penulisan nama selesai  kirim ke WhatsApp wali kelas masing-masing 
  9. Setelah pohon dikirim langkah selanjutnya adalah menuliskan pesan moral pada buku yang telah anda baca tadi dan telah anda buatkan pohon literasi nya misalnya kita ambil contoh pesan moral pada buku "Bicara itu ada seninya" kemudian tuliskan  j pesan moral yang ada pada buku tersebut "jika ingin mengucapkan sesuatu terlebih dahulu pikirkan matang matang sebelum bicara" 
  10. Selanjutnya kita ambil pesan moral pada buku yang kedua.  Allah Maha Besar pesan moral yang ada di dalamnya jadikan Allah sebagai tempat sebaik baiknya mengaduh demikian seterusnya sampai seluruh buku tersebut telah dibuatkan pesan moral.
  11. Setelah selesai kirimkan kepada wali kelas Anda dan wali kelas Anda nantinya akan menyerahkan pohon literasi berikut pesan moral yang terkandung di dalam buku-buku yang anda baca pada petugas perpustakaan.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video berikut ini :


Mohon maaf atas ketidaknyamanannya karena ada dua kata penulisan pada video "Typo" karena pembuatannya live dan mata yang membuat sudah plus (ngeles.com)

Selamat melaksanakan tugas literasi semoga semangat literasi pada sekolah fastabiqul Khairat semakin meningkat salam literasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar